Pages

Rabu, 03 Oktober 2012

Faktor faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar

Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang relatif menetap, baik yang dapat diamati maupun yang tidak dapat diamati secara langsung, yang terjadi sebagai suatu hasil latihan atau pengalaman dalam interaksinya dengan lingkungan.



FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES DAN HASIL BELAJAR 

1.   Faktor internal
      a)Faktor fisiologis 
        Kesehatan fisik
Sehat berarti dalam keadaan baik segenap badan beserta bagian-bagiannya/bebas dari penyakit. Kesehatan adalah keadaan atau hal sehat. Kesehatan seseorang berpengaruh terhadap proses dan hasil belajanya belajarnya.
Dan yang tidak kalah pentingnya adalah kesehatan panca indra ( mata, hidung, pengecap, telinga, dan tubuh), terutama telinga dan mata sebagai alat untuk melihat dan mendengar.
      b)Faktor psikologis 
          Minat, menurut Slameto (1991:182), adalah suatu rasa lebih suka dan rasa keterikatan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar minat.
2.  Faktor eksternal
      a.Faktor lingkungan 
            A. Lingkungan Nonsosial
Faktor-faktor yang termasuk lingkungan nonsosial ialah gedung sekolah dan letaknya,
rumah tempat tinggal keluarga siswa dan letaknya, alat-alat belajar, keadaan cuaca, dan
waktu belajar yang digunakan siswa. Faktor-faktor ini dipandang turut menentukan tingkat 
keberhasilan belajar siswa. 
B. Lingkungan Sosial 
Lingkungan sosial meliputi lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah dan teman
pergaulan.
      b.Faktor instrumental   
            A. Kurikulum
           Kurikulum diartikan sebagai sejumlah kegiatan yang diberikan kepada siswa. Kegiatan ini sebagian besar adalah menyajikan bahan pelajaran agar siswa menerima, menguasai dan mengembangkan bahan pelajaran itu. 
               B. PROGAM
Setiap sekolah memiliki program pendidikan. Program pendidikan disusun untuk
dijalankan demi kemajuan pendidikan. Keberhasilan pendidikan di sekolah tergantung dari
baik tidaknya program pendidikan yang dirancang.
C. SARANA DAN FASILITAS
Ò    Sarana memiliki arti penting dalam pendidikan. Salah satu persyaratan untuk membuat suatu sekolah ialah pemilikan gedung sekolah yang di dalamnya ada ruang kelas, ruang kepala sekolah, ruang dewan guru, ruang perpustakaan, ruang BK, ruang tata usaha, auditorium, dan halaman sekolah yang memadai. Semua bertujuan untuk memberikan kemudahan pelayanan anak didik.
Ò    Guru merupakan unsur manusiawi dalam pendidikan. Kehadiran guru mutlak diperlukan di dalamnya. Kalau hanya ada anak didik, tetapi guru tidak ada, maka tidak akan terjadi kegiatan belajar mengajar di sekolah.
 
KECERDASAN INTELIGENSI 
Kecerdasan (Inteligensi) Inteligensi adalah kecakapan yang terdiri dari tiga jenis yaitu kecakapan untuk menghadapi dan menyesuaikan ke dalam situasi yang baru dengan cepat dan efektif, mengetahui/menggunakan konsep-konsep yang abstrak secara efektif, mengetahui relasi  dan mempelajarinya dengan cepat.
 
BAKAT adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau perlu latihan. Kemampuan itu baru terealisasi menjadi kecakapan yang nyata setelah belajar atau berlatih. Bakat dapat mempengaruhi proses dan hasil belajar 
motivasi Menurut Noehi Nasution (1993: 8) motivasi adalah kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Jadi, motivasi untuk belajar adalah kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk belajar


0 komentar:

Posting Komentar